balada tesis

Beberapa jam yang lalu aku bertahan ‘ngadem’ di perpus jurusan. Memang benar-benar dingin ber-AC. Mana tidak ada manusia lain selain dua petugas perpus.. Bertambah dinginlah ruangan itu. Hfff…tapi sebenarnya tujuanku bukan itu. Aku mau melihat dan ngecek isi tesis-tesis terdahulu, sebenarnya apa saja yang harus ditulis di sebuah tesis bertopik model matematika.

Ternyata, ada beberapa kategori penulisan (ini sih kesimpulan pribadiku). golongan pertama adalah penulis yang menuliskan modelnya langsung pakai persamaan matematika, tentu saja sudah ditambahi asumsi yang dipakai, plus variabel-variabel yang dipakai. Modelnya langsung jadi. Titik. Setelah perumusan langsung masuk ke analisis sistem (kestabilan, titik ekuilibrium, dst..dst).

Golongan kedua adalah penulis yang menuliskan modelnya lengkap dengan cerita awal mula terbentuk model itu. ceritanya komplit, panjang, lebar dengan daftar pustaka yang disebutkan secara lengkap. bahkan–bayanganku–kalau ada kaitan dengan zaman romawi, pasti juga akan tertulis di tesis ini.. Hehehe.. Dan menurutku ini baguus banget. keren.. bisa melacak dengan runtut sampai sejauh itu.

aku? aah beluum.. maunya merunut panjang… tapi setiap baca paper dan jurnal, tiap tiga puluh menit saya terserang mabuk, mual, pusing dan mendadak ngantuk beraat…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s