6 lemma 2 theorema

#catatan selasa#

Pagi tadi, saya telat datang ke kelas. Ibu dosen sudah mulai menjelaskan tentang fungsi Green dan beberapa aturan di kalkulus lanjut yang ‘seharusnya’ sudah kami kuasai untuk bisa menyelesaikan masalah yang minggu kemarin beliau berikan. Mulai dari integral lipat, integral garis sampai turunan terhadap vektor normal.

Ckckckck..mau tak mau saya tambah berdecak : Subhanallah, pilihan minat yang saya ambil kemarin memang sudah tepat, selain menawarkan pengalaman batin yang tak ternilai oleh materi, pilihan minat ini membuat saya lebih tahu kaitan antara satu hal dengan hal yang lain. Kalau dulu saya melihat kalkulus dan aljabar sebagai dua hal terpisah yang sangat tidak berhubungan, di sini saya belajar bahwa keduanya sebenarnya sehati (apa ya istilah tepatnya?). Saya seperti sedang meramu suatu resep : menambahkan gula, garam, sedikit penyedap. Dan…Hmmm…. Jreeng jadilah sebuah mahakarya.. #yanginiagakberlebihan#

Sekitar setengah sebelas, saya masuk ke kelas berbeda. And Actually, it’s my favourite class. Hari ini giliran dua teman saya yang akan presentasi, mempresentasikan salah satu jenis bifurkasi yang ada di dunia sistem dinamik. Namanya andronov hopf bifurkasi. Menurutku, jenis ini agak lebih rumit daripada fold yang kemarin-kemarin dibahas. Mari kita nikmati sajaa 🙂

Menjelang jam 12 saya sudah mulai mabok, padahal teman saya masih separo jalan. Simpel saja sih sebenarnya, dia mau membuktikan dua teorema, tapi untuk bisa buktiin dua teorema itu, kami butuh 6 lemma yang juga harus dibuktikan. Jadi, totalnya adalah 8 pembuktian. Dueng…dueng…

Kuliah berakhir dengan sebuah pengumuman bahwa minggu depan saya akan tampil dua jam dari jam 10 sampai jam 12. *Hooiii..dua jam sodara-sodaraaaaa??!!* Plakk!! ah biasa ajaaaaaa :D*

Ini ceritaku hari ini… bagaimana dengan ceritamu? 🙂

Tinggalkan Balasan

