21.03

Kemarin, seorang teman mengirim pesan singkat. Isinya standar : ke-galau-an. Saya membalas pesannya dengan balasan standar : ‘hahaha’ (Suer, saya membalas dengan kalimat itu karena saya tahu benar apa yang dia galaukan, beberapa tahun sebelum ini saya sudah mengalaminya), dan seperti yang saya duga, beberapa menit berikutnya dia mengirim pesan berupa emoticon sedih ;(. Mau tak mau kening saya berkerut. Ada apa dengan orang ini? Dia dilahirkan di keluarga berkecukupan, sampai sekarang dia hidup dengan dua orang tua lengkap yang sehat, dia mendapat pekerjaan yang baik dan berpenghasilan lebih dari cukup, dia berkesempatan kuliah dan tidak dikejar-kejar hutang, dan sebentar lagi dia akan menikah. Bahkan kalau saja dia tidak mau berlelah-lelah bekerja, tak ada satupun orang yang bisa memaksanya.

Dan ia masih mengeluh?

Langit bisa marah.

 

Mendadak ingatan saya kembali ke masa beberapa minggu yang lalu, ketika saya berbincang online dengan seorang teman. Ketika itu saya sedang berada di titik kulminasi : tugas menumpuk banyak, pekerjaan tidak habis-habis dan belum lagi tekanan dari berbagai pihak agar saya segera menikah.  Kala itu saya hanya ingin cerita padanya. Hanya curhat biasa dari seorang teman ke teman yang lainnya. Tapi saya mengawalinya dengan kalimat biasa :

Aku : “Aku pingin mengeluh, tapi aku tahu… aku tidak boleh mengeluh…”

Temanku : ” orang-orang seperti kita tidak layak mengeluh…”

Lalu saya diingatkan bahwa diluar sana ada banyak manusia yang jauh lebih sedih, jauh lebih berat cobaannya.  Untuk hidup yang sedang kau jalani dan kau masih mengeluh, langit bisa marah padamu..

*

 

 

One thought on “21.03

Tinggalkan Balasan

