Duka November

Saya mendapat sms kabar itu kemarin siang, singkat saja : Innalillahi wa Inna Ilayhi Roji’un….Mbak, Azizah meninggal. Kena Muntaber.

Mau tak mau saya terkejut. Azizah, bayi mbak Ina yang dilahirkan Desember tahun lalu ketika kami sekantor piknik ke Prigen Jawa Timur ternyata ditakdirkan tidak lama menemani Ayah Bundanya.

Sejak lahir, Azizah kecil ini sering bermasalah dengan kesehatannya. Dia lahir dengan operasi caesar. Setelah lahir dia harus menginap beberapa hari di Rumah Sakit (sementara sang Ibu sudah boleh pulang) karena ada gejala sakit kuning. Setelah pulangpun, mbak Ina harus bolak-balik ke Rumah Sakit dan Laboratorium untuk ngecek darah, ngecek ini dan itu. Akhirnya diperoleh sebuah kesimpulan : Azizah kecil tidak sehat livernya.

Azizah sudah dua hari demam, muntah dan diare. Mbak Ina tidak membawanya ke Rumah Sakit dan hanya memeriksakannya ke Puskesmas. Kata mbak Ina, Azizah masih mau makan, masih mau minum susu, dan masih main-main. Mbak Ina tidak punya alasan untuk membawanya ke Rumah Sakit (Selain rasa traumanya pada Rumah Sakit sejak Azizah lahir). Maka jadilah pagi kemarin, ketika kondisi sudah gawat, Azizah dibawa ke Rumah Sakit dan ternyata bayi yang belum genap setahun itu mengalami dehidrasi akibat diare dan muntah-muntah. Tidak terselamatkan.

Saya belum sempat telpon (belum berani telpon) langsung ke beliau.  Tapi menurut cerita teman di Kediri, mbak Ina cukup sabar dan tabah. Di rumah sakit–ketika temen-temen datang, sebelum jenazah dibawa pulang ke Blitar–mbak Ina masih bisa menghadapi teman-teman kantor dan mohon maaf “Ngapunten nggih, saya terlalu sombong, terlalu angkuh..”

Allah, apapun yang Engkau rencanakan pada hidup kami semua, hamba yakin, inilah yang terbaik. Kumohon, berilah ketabahan pada Mbak Ina sekeluarga. Semoga Musibah ini memudahkan jalan mereka sekeluarga ke SurgaMu. Amiin.

*Ditulis di sebuah pagi di kamar di sebuah hari yang tanggalnya cantik : 11-11-11*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s