Catatan 2 Bulan

Juli 2011 – Agustus 2011

Sekitar sebulan menjelang Ramadhan kemarin, saya berkesempatan mengunjungi komunitas Qaryah Thayyibah di Salatiga. Kebetulan sekali, malam itu ada Gelar karya, perpisahan (saya lebih suka menyebutnya : pelepasan) anak-anak kelas 6 (setara 3 SMA). Seperti rutinitas Gelar Karya, masing-masing anak menggelarkan karya yang mereka buat dan teman-teman yang lain mengapresiasinya.

Saya cukup merasa surprise ketika seorang siswi maju. Namanya Upik. Dia mempresentasikan beberapa cerpen. Dia bilang, “Beberapa bulan yang lalu (-dia menyebutkan nominal bulan, tapi sayangnya saya lupa-) saya bertekad ingin menghasilkan …. (sekian) cerpen…….”

Dan malam itu, dia sudah memenuhi janjinya untuk berkarya. Dia sudah menghasilkan cerpen.

Ahaii… Inilah yang saya kagumi dari anak-anak ini, kesederhanaan sebuah proses : tentukan tujuan lalu melakukan. Mungkin mereka malas, tapi hebatnya, mereka bisa mengalahkan kemalasan itu…

****

Berangkat dari semangat ‘berkarya’ itulah saya menyanggupi ajakan teman untuk mengerjakan sebuah web. Bukaan! Bukan karena saya bisa web… Sejujurnya saya pernah belajar…tapi sedikiiit sekali yang saya bisa, saya juga tidak punya kapastitas ‘otak’ yang memadai untuk memikirkan ide-ide besar itu. Jadi saya mengiyakannya dengan sebuah alasan sederhana, saya ingin berbuat sesuatu.

Dan setelah itu akhirnya saya menjalani siklus hidup yang berbeda. Tidak seperti yang 4 tahun terakhir ini saya lakukan. Kalau dulunya saya lebih sibuk dengan manusia dan seni bagaimana membaca ekspresi mereka, 2 bulan kemarin hampir sebagian besar waktu saya, saya habiskan di depan NetBook, berkelana di dunia maya, memproses data, mengupload dan mengedit… Hingga lahirlah sesosok ‘bayi’ ini.

Alhamdulillah. Saya bersyukur, hal kecil ini duhai Allahku.. semoga bermanfaat buat sesama..

Tinggalkan Balasan

