Paspor

27 Mei 2011 datang ke kantor imigrasi, apply paspor dengan formulir+stopmap warna kuning yang dibeli di fotokopi bawah (harga Rp. 10.000, 5ribu–>formulis+stopmap, 5ribu–>cover paspor) setelah diisi jangan lupa sertakan :

#1.KTP asli + 1 lembar copian
#2. Ijasah terakhir asli + 1 lembar copian
#3. Kartu Keluarga asli  + 1 lembar copian
#4. surat rekomendasi dari instansi (asli)
(copiannya harus dalam kertas A4, usahakan fotokopi semua berkas di luar).

setelah itu mengambil nomor antrian, menunggu panggilan (loket 2) setelah itu petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen dan berkas asli akan dikembalikan. Saya diberi selembar kertas resi (tanda terima) dan diminta kembali tiga hari kemudian untuk bayar, foto dan wawancara.  

30 Mei 2011 Bayar 255ribu, antri foto dan wawancara
Pertama, ambil nomor antrian di loket 1. Setelah dipanggil, petugas akan mengambil data pemohon lalu menyerahkan ke bagian kasir. Saya membayar cring 255.000. Kemudian saya nunggu panggilan dari bagian foto (proses menunggu disini memakan waktu cukup lama karena bersama saya ada puluhan calon haji yang juga akan foto paspor). Setelah foto saya nunggu panggilan wawancara. Nah di wawancara ini saya ditanya detil, tanggal lahir, nama orang tua, apakah data sudah benar, paspor mau buat apa, saya jawab : umroh. Seorang bapak yang berada di samping saya ketika ditanya, paspor buat apa, trus dia jawab buat jalan-jalan ternyata masih dikejar pertanyaan, bapak kerjanya dimana? wiraswasta. wiraswasta dalam bidang apa? bla bla bla…saya sudah tidak mendengar karena wawancara saya sudah selesai.
Sebelum pulang saya diberi resi untuk mengambil paspor tanggal 6 juni.
Alhamdulillah

6 Juni 2011. Saya datang ke kanim agak siang. jam setengah 9 dari rumah.
saya langsung masuk ke loket 6, menyerahkan resi, menunggu sebentar dan jrengg! paspor saya sudah jadi.
Tanda tangan di bagian penerimaan, fotocopy paspor ke bawah kemudian naik lagi dan menyerahkan copyan kepada bapak tadi.
Selesai. Tidak sampai setengah jam.

Total biaya :
1. Beli formulir+stopmap+cover = 10.000
2. Biaya = 255.000
3. parkir 3x = 3.000
4. foto copi paspor = 1.000
Total = 269.000
(tanpa calo!)

2 thoughts on “Paspor

Tinggalkan Balasan

