[resensi] 40 days in europe

Ini cerita perjalanan KPA SMA 3 Bandung yang melakukan konser ‘angklung’ ke Eropa selama 40 hari. Diawali dengan cerita Maulana (penulis) yang sedang belajar di Jerman, kesibukannya dan penghematan yang dilakukannya (mahasiswa berkantung cekak) dan dilanjutkan kisah-kisah perburuan Maulana ke beberapa festival yang memungkinkan dilakukan di Eropa (bahkan namanya ada yang baru pertama kali saya dengar. Zarkopen, aberdeen..dst).

Terus terang Kisah perburuannya kurang greget! Kurang heroik. saya agak bosan membacanya. Beberapa halaman tak lewatin gitu aja. Saya sekedar tahu mereka kesulitan biaya, beberapa kali ganti schedule, ganti jadwal, mikirin transport yang paling murah, pengurusan visa yang ternyata ga semulus dugaan awal, dan keberangkatan ke eropa dengan defisit sekian ribu euro. Modalnya? Semangat!

Yang seru justru pada cerita perjalanan 40 hari mereka. Menyinggahi kota-kota di eropa dengan kendala keuangan, mengumandangkan lagu indonesia raya dan lagu-lagu nusantara di daratan eropa (aku merinding pas baca bagian ini…ada kekuatan magis dibalik lantunan lagu-lagu nusantara ketika dinyanyikan di luar negeri), serta bagaimana persahabatan antar berbagai negara terjalin. Yaaa ilmu-nya terletak di sepanjang proses perjalanan itu..bukan di akhir perjalanan..

Salut buat tim KPA SMA 3 Bandung…!!! ^^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s