Merefleksikan Harry Potter

Ini film yang harus dilihat! He he he..Jarang sekali saya mengatakan ‘Kereeennn’ pada film yang diangkat dari novel. Sebagaimana ayat-ayat cinta, laskar pelangi bahkan sang pemimpi. Tapi kali ini saya tidak ragu mengatakan itu. Film ini baguss!

Kenapa?
Pertama, film ini membuat saya lebih ‘memahami’novelnya. Ketegangan, alur cerita dan ‘nilai-nilai’ saya dapat justru setelah saya melihat filmnya. Entah kenapa. Mungkin waktu itu–bertahun-tahun yang lalu ketika membaca novelnya–saya membaca sambil tergesa-gesa sehingga hanya sedikit momen yang bisa saya rekam.
Kedua, saya bisa merasakan ’emosi’ dan larut dalam cerita. Saya bisa merasakan kesedihan Hermoine waktu memantrai orang tuanya hingga segala kenangan tentangnya hilang. Saya bisa merasai jealous-nya Ron pada Harry, merasai gelombang cinta antara Hermoine dan Ron, lalu ketegangan para ‘darah lumpur’ saat diinterogasi..lalu ‘avada kedavra’! Dhuarr!

Trus?
Setelah liat filmnya saya berefleksi, cerita Harry Potter sesungguhnya mirip-mirip dengan yang terjadi dalam kehidupan nyata. Pemurnian ras yang dilakukan -dia-yang-namanya-tak-boleh-disebut- a.k.a lord vorldemort sangat mirip dengan aksi Nazi yang ingin memurnikan ras arya–dan hampir menumpas habis kaum yahudi , holocrux yang dicari-cari Harpot sangat mirip (sekaligus mengingatkan saya) pada holocoust (=yang katanya adalah tragedi pembunuhan terbesar dalam sejarah manusia, pembunuhan sekian ribu kaum Yahudi oleh Nazi). Seorang Harry Potter sendiri–yang Yatim piatu sejak kecil, tinggal bersama pamannya, dilindungi sekian banyak penyihir hingga usia 17 tahun, mengalami keajaiban demi keajaiban–mirip seorang ‘nabi’ (= sang terpilih).

Sengaja miripkah?
Entahlah…

Tinggalkan Balasan

