[Fragmen] Beli buku (lagi)

Mulai tgl 1 Desember kemarin Gramedia kediri pasang diskon gedhe “50%!!” Wow!.Eh ternyata pas kudatangi, buku yang didiskon kebanyakan bukunya mizan. (mirip kayak di Toga Mas Salatiga). Tapi gapapalah toh akhirnya aku belanja buku sampai 100.000, mulai dari SuperNanny, Amazing stories for Muslim kids, 168 jam disandera di Irak, 40 days in Europe, seri kartunnya Three cups of tea…dll..!

“Heii tunggu!! Buku sebanyak ini mau diapain?” tanya satu sisi hatiku
“Lah ya dibaca..emang buat apa?!” jawab sisi hati yang lain
“Trus kapan mau baca? Kamu kan tiap hari sibuk dari pagi sampai malam..tumpukan buku yang katanya mau kau baca juga masih menumpuk di kamar…”
“…” diam
“Belum sempat yang ini kau baca, nanti akan ada diskonan lagi..trus kamu beli lagi..trus numpuk lagi…!”
“Ah biarin! Sekarang emang ga sempet baca semuanya. Sibuk ini itu..Buku ini akan kubaca kalau aku tua..Aku mau pensiun dini biar bisa segera bersantai membaca semua buku ini…Lagian semua buku ini bukan semuanya buatku, ini buat anak-anakku kelak. Perpustakaan sekolahnya mungkin tidak akan menyediakan buku-buku semacam ini, sayang sekali kalau mereka tidak membacanya…”

Sewaktu aku mengambil buku cerita anak muslim, suara hati kembali bertanya,”Mau buat apa buku itu?”
“Buat anak-anakku”
“Hua Ha ha ha calon bapaknya aja belum ada, kamu sudah beli buku buat anak-anakmu..?”
“Ah biarin! Kamu nih ribut aja dari tadi. Ini investasi pendidikan…! Aku ingin anak-anakku belajar tentang hidup dari orang-orang terdahulu sebelum mereka benar-benar terjun ke dalam hidup yang sebenarnya..Aku tak mau mereka percaya pada anggapan orang-orang bahwa hidup itu menyedihkan! Aku ingin mereka tahu bahwa hidup itu selalu indah meski yang terjadi tak selalu sama dengan harapan..”
“Ah teori…!Anak-anakmu akan hidup di jaman yang berbeda denganmu…buku-buku itu sudah akan digantikan dengan buku lain, ide-ide yang dijual buku itu akan digantikan dengan ide yang lebih baru, lebih modern…”
“Siapa bilang?? Nilai-nilai universal dan nilai-nilai kebaikan itu mengabadi.

Aku bergegas..sudah waktunya pulang

****
//dhuha 13 Desember 2010//

Tinggalkan Balasan

