Rembulan Tenggelam di Wajahmu

(a novel by Tere Liye)

“..sejatinya pertanyaan itu tentang definisi ukuran-ukuran Ray. Apakah yang disebut kejadian menyakitkan? Apakah yang disebut dengan menyenangkan? Sejatinya pertanyaan itu tentang perbandingan…”

Ray sejak kecil hidup di Panti. Tak diketahui siapa ayah-ibunya. Selepas dari panti asuhan, ia hidup di jalan, menjadi penjudi,mencuri, berkelahi lalu oleh takdir ia mendapat keluarga di sebuah rumah singgah. Selepas hidup dari rumah singgah, ia menjadi pencuri berlian, menjadi kontraktor, jatuh cinta pada seorang gadis, menjadi pengusaha, kaya raya namun belakangan jatuh sakit sebelum akhirnya sekarat. Ia pernah jatuh cinta, pernah bahagia bersama istrinya hingga sang istri meninggal di akhir kehamilannya.

Ia sering bertanya pada penguasa hidup tentang berbagai hal yang menimpanya. Kenapa ia harus hidup 6 tahun di Panti? Kenapa hidup ini tidak adil? Kenapa istrinya meninggal secepat itu? kenapa ia harus sakit berkepanjangan di usia senjanya?

“Sejatinya pertanyaan itu tentang perbandingan…”, kata makhluk yang ‘ditugasi’ menjawab pertanyaan Ray. Apa yang sebenarnya menyakitkan dan menyenangkan itu? Menyakitkan dan menyenangkan hanya parameter yang dibuat manusia, yang ironisnya, perbandingan-perbandingan itu kian waktu kian menyedihkan. Nilai 10 dianggap baik, kaya dianggap menyenangkan, sakit dianggap menyakitkan.Padahal Setelah semuanya terjadi, bukankah rasanya sama saja? Bukankah sama-sama akan menjadi ‘kenangan’? Sama sekali tidak ada bedanya.

Pada suatu hari nanti, apalah yang akan membedakan ini semua selain bagaimana hati kita menerimanya?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s