Kamu Bahagia?

Seseorang tiba-tiba muncul dihadapanku dan sontak bertanya
“apakah kau bahagia?”
“ya.Aku bahagia!”
“Seperti apa bahagia itu?”
Aku diam. Melukiskan bahagia tidak seperti ketika da vinci melukis senyum monalisa.
“apakah kau benar-benar bahagia?”tanyanya lagi.
maka kutanya pada diriku sendiri,bahagiakah aku?
Kemudian, dialog misterius itu menyisakan sunyi sementara.
“Bukankah kau sedang tidak berbahagia? Kau nanar menatap masa depan, berkali-kali kau jatuh hingga tak tahu kemana lagi mencari pegangan, mencerca takdir yang seakan tak memihak. Sesungguhnya,kau sedang tidak bahagia!Kau kehilangan kebahagiaanmu!Kau menggugat dan sering berandai: jika saja kau tahu kemana lautan menenggelamkan matahari*”
Ia melucutiku. Ia seperti tahu bagaimana jalan pikiranku. Apakah ia malaikat yang diutus Tuhan untuk mencabut nyawaku dan sebelumnya ia ditugaskan mencerca jalan hidupku terlebih dulu?
Pikirku melayang pada gelisah karena hitungan masa depan yang kacau. Pada sebuah keputusan meninggalkan sebuah hati sederhana tanpa jelas sebabnya–selain sebuah alasan bahwa aku harus melakukan itu.(dan pada akhirnya wajah santun itu selalu menggema di setiap detik nadiku).
Tiba-tiba aku merasa mengenali sinar mata yang kata-katanya baru saja menusuk ulu hatiku. Aku mengenali aliran nadinya.aku kenal detak jantungnya.
Lalu kataku,”Bangun di pagi hari, merasakan hangat matahari, menyentuh sejuk embun, melihat orang lain tersenyum adalah bahagia yang tak terganti.Mungkin ada sedih dan kecewa,mereka bukan musuh yang harus dilawan, justru mereka adalah teman, rengkuh saja mereka.”
kemudian ia tertawa dan membuatku heran karena aku begitu mengenalinya. Ia memudar ketika ku tahu, ia bukan malaikat. Ia adalah diriku sendiri.

“Mungkin kita perlu berjalan ke atas pelangi untuk mengetahui bahwa kunci kebahagiaan itu ada dalam diri kita**”

catt: * dan ** saya ambil dari sebait puisi. sayangnya saya lupa..ini puisi siapa ya? :p

(catatan tgl 11januari2008)

Tinggalkan Balasan

